Selasa, 25 April 2017

TIPS AGAR TERHINDAR DARI SAMBARAN PETIR PADA SAAT PENDAKIAN




Seperti dirangkum dari CNN Indonesia, dalam melakukan pendakian adakalanya kita mendaki disaat musim hujan disertai dengan gemuruh petir. Hal itu dapat menjadikan kita semakin was-was dalam melanjutkan perjalanan apakah dilanjutkan atau tidak?
Agar terhindar dari ancaman petir berikut Pendaki Selow berikan tips-tips yang juga bermanfaat bagi kalian para pencinta gunung.

  1. Jika memang terpaksa mendaki dalam kondisi hujan, maka siasati dengan mencari tahu kondisi cuaca di gunung yang akan didaki. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghubungi tim di basecamp setempat.
  2. Jangan berada di padang rumput yang luas, puncak, atau punggungan gunung yang terbuka.
  3. Hindari berlindung di bawah pohon yang tinggi, karena saat petir menyambar pohon, aliran listrik akan merambat ke tanah dan berbahaya bagi pendaki. Jika terpaksa, pendaki bisa berlindung pada pohon yang berdiri lebih rendah.
  4. Mematikan alat-alat yang memancarkan atau menerima gelombang seperti telepon seluler, HT (Handy Talky), GPS atau radio. Gelombang yang dipancarkan peralatan ini bisa memancing petir untuk menyambar. Ponsel bisa dinyalakan asal dengan mode pesawat.
  5. Jika mendirikan tenda di tempat terbuka, pilih daerah lembah atau daerah rendah lainnya.
  6. Hindari aksesori berbahan logam. Jenis bahan ini adalah penghantar listrik sekaligus bisa menangkap kilat.
  7. Alasi tubuh dengan ransel, matras atau bahan anti konduktor lain. Hal ini untuk menghindari tubuh agar tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Salam,
Pendaki Selow

0 komentar:

Posting Komentar