Senin, 21 November 2016

MENIKMATI INDAHNYA PANTAI PINK DI NEGERI MATARAM



Pantai Pink

Pantai Pink Lombok merupakan salah satu destinasi wisata di Lombok timur yang makin populer karena memiliki keindahan alam dan keunikan pasirnya yang berwarna merah muda. Nama sebenarnya adalah Pantai Tangsi dengan panjang sekitar 1,5 Km dengan luas bibir pantai 6 meter di kelilingi perbukitan yang membentuk teluk-teluk kecil dan di lautnya terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang di sebut gili.

Wisatwan yang berkunjung ke kawasan ini dapat mengunjungi beberapa pantai berbeda yang memiliki warna pasir pink dan pulau-pulau kecilnya. Warna pink ini berasal dari karang merah yang mati dan lebur, tercampur dengan pasir putih yang lembut sehingga terlihat berwarna pink.

Lokasi Pantai Pink Lombok

Lokasi Pantai Pink berada di pesisir bagian timur Pulau Lombok, tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

5 Tempat Wisata Di Pantai Pink Lombok
Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi jika memilih jalur laut dari Tanjung Luar seperti:

1. Pulau Pasir


Pulau Pasir

Pulau Pasir, pulau ini muncul ketika air surut, jika angin datang dari arah barat daya maka kemunculannya mulai pada pagi hari, sedangkan pada musim angin selatan muncul pada sore hari, di saat sperti ini maka pulau pasir menjadi destinasi terahir setelah Anda balik dari pantai pink.

Tidak ada kehidupan di pulau kecil ini yang ada hanya hamparan pasir putih berbentuk merica kecil seperti pasir di Pantai Tanjung Aan.  Anda akan melihat begitu banyak bintang laut dengan bermacam-macam warna dan tidak jauh dari tempat ini terdapat Gili Marengkeq  yang penghuninya adalah masyarkat Bajo, bila sempat mampir Anda dapat melihat bagaimana kehidupan masyarkat nelayan yang terkenal itu dan mereka juga memiliki kerajinan tenun yang dapat di jadikan oleh-oleh.

Ada pemandangan yang tidak biasa dan cukup unik dari  tiga pulau di dekat Pulau Pasir yaitu Gili Marengkek, Gili Kambing dan satu gili kecil lainnya. Di saat air surut akan terbnetuk jalan pasir yang menghubungkan tiga pulau tersebut. Masyarakat sekitar menggunakan jalan tersebut sebagai akses ke pulau lainnya.

2. Pantai Pink  Lombok 2


Pantai Pink 2

Sesampai disana, begitu Anda turun dari boat Anda pasti akan merasakan hal yang tidak biasa, pasirnya begitu lembut seperti berdiri di atas tepung dan tentu juga warnanya. Tidak ada masyarakat yang tingggal di pesisir pantai ini yang ada hamparan lembah hijau dan diapait oleh perbukitan.


3. Gili Petelu


Gili Petelu

Gili Petelu, sesuai dengan namanya terdapat 3 gili kecil berbnetuk perbukitan yang pantainya saling menyambung. Keunikan lainnya dari tempat ini terdapat dua bibir pantai yang berbeda yang terpisah oleh pasir putih sekitar 2 meter lebarnya.

Tempat ini adalah spot untuk snorkeling, airnya berwarna bening kehijauan sehingga dasarnya pun bisa terlihat. di dasar laut Anda akan melihat keindahan kuasa sang pecipta yang begitu luar biasa, ada ratusan jenis ikan dengan beragam warna, salah satunya ikan Nemo beragam warna dan karang biru yang diketahui hanya hidup di 2 tempat di dunia, di perairan Caribbean dan di Lombok.

Sedangkan bagian lain lautnya yang terpisah oleh pantai, adalah point untuk Anda bisa melihat dekat ikan hiu, kapten boat akan memandu Anda untuk melihat langsung sang predator laut, tapi hiu disini tidak berbahaya dan ukuran paling besar yang pernah kami lihat dengan panjang sekitar 1 meter.

Tips: Jangan lupa membawa roti agar Anda berenag selalu di kelilingi ikan. Untuk tetap menjaga kelestarian ikan dan karang, usahakan agar Anda tidak menginjak karang-karang besar, yang kebanyakan orang awam menjadikannya pijakan.

4. Pantai Pink Lombok 1


Pantai Pink 1

Pantai ini lah yang pertama kali ditemukan dan di explore untuk wisata di kawasan ini, sesampai di lokasi ini Anda akan melihat pasirnya lebih pink dari Pantai Pink 2, sedangkan kelembutan pasirnya terasa sama dengan pantai-pantai yg lain.

Di sekitar pantai ada banyak warung-warung kecil yang berjualan kelapa muda dan juga makanan ringan, berbeda dari tempat sebelumnya kawasan ini di huni oleh beberapa kepala keluarga dan pantai inilah yang di tuju oleh para penempuh jalur darat dan untuk menikmati suasana pantai kebanyakan dari mereka memilih untuk berenang dan juga bermain pasir sedangkan untuk melihat pemandangan pantai secara keseluruhan Anda bisa menaiki perbukitan yang tidak terlalu tinggi.

5. Pantai Semangkoq



Pantai Semangkoq

Berada di sebelah kanan Pantai Pink Lombok 2 merupakan destinasi berikutnya yang mesti Anda kunjungi, pantai ini di sebut dengan Pantai Semangkoq (mangkok) karena bibir pantainya yang begitu melekung. Tidak ada pilihan untuk dapat sampai ke pantai ini kecuali dengan perahu karena di apit oleh perbukitan yang cukup tinggi.

Tempat ini juga merupakan spot para pemancing karena terdapat karang yang berlubang dan di penuhi ikan yang dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai sumur ikan. Snorkeling bisa menjadi aktifitas pilihan Anda ditempat ini untuk lebih menikmati terumbu karangnya yang indah dan juga kehidupan bawah lautnya.

Rute Menuju Pantai Pink Lombok
Rute dari Senggigi atau Kota Mataram langsung menuju pantai:
1. Jl. Raya Mantang jarak tempuh 92,6 Km, estimasi waktu 2 jam 28 menit
2. Jl. Raya Bypass Bandara Internasional Lombok 98,7 Km, estimasi waktu 2 jam 28 menit

Rute dari Senggigi atau Mataram menuju pelabuhan Tanjung Luar:
1. Jl. Raden Puguh jarak tempuh 73,3 Km, estimasi waktu 1 jam 52 menit
2. Jl. Raya Bypass Bandara Internasional Lombok 79,4 Km, estimasi waktu 1 jam 52 menit
3. Jl. Raya Mantang 76,4 Km, estimasi waktu 2 jam 4 menit

Kami sangat merekomendasikan Anda memilih rute kedua menuju Pelabuhan Tanjung Luar, dari tempat ini menggunakan perahu karena lebih banyak tempat yang bisa Anda nikmati termasuk pulau-pulau kecil.

Sumber : www.dilombok.com


#pendakiselow
#pesonaindonesia

0 komentar:

Posting Komentar