Selasa, 20 September 2016

KUTOARJO, WONOSOBO, DIENG, JOGJAKARTA & PURWOKERTO, BACKPACKERAN 5 KOTA ALA PENDAKI SELOW

Hai sobat pendaki semua, siapa sih yang tidak kenal Dieng, ya merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Wonosobo dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan karena di kelilingi oleh beberapa pegunungan diantaranya gunung - gunung yang terkenal nih seperti Gunung Prau, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Langsung aja nih kita mau berbagi cerita pengalaman ke Dieng tepatnya akhir 2014 lalu, sudah cukup lumayan lama yahh, hehehe ...

Selamat Datang Dieng

Rabu, 24 Desember 2014
Tepatnya pkl.05.30 wib kereta yang kami naiki berangkat dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Kutoarjo menggunakan kereta Kutojaya Utara, maklum namanya juga "long weekend" jadi harus pasrah menggunakan kereta api ini karena susahnya dapat tiket kereta ...

Selfie di Kutojaya

Pkl.14.00 wib kami tiba di Stasiun Kutoarjo, langsung bergegas menuju kampung halaman tercinta dengan sewa bus karena rombongan kami lumayan banyak.
Karena sampai kampung halaman sekitar pkl.14.30 wib dan masih banyak waktu maka kami pun menghabiskan waktu bersama di Pantai Jatimalang dekat dengan rumah sambil menikmati sunset ...
Pantainya lumayan sepi, boleh dibilang sih "private beach" jadinya, padahal itu sudah masuk long weekend loh.

Menikmati Sunset di Jatimalang

Selesai menikmati suasana pantai dan makan malam ala - ala seafood kami bergegas pulang untuk beristirahat untuk kembali melanjutkan perjalanan besok ke Dieng.

Keceriaan di Jatimalang

Kamis, 25 Desember 2014
Pkl.07.00 wib pagi kami bergegas melanjutkan perjalanan ke Dieng ditemani hujan rintik - rintik, maklum saja karena hari itu pas dengan libur natal.
Dari rumah kami berangkat dengan sewa bus menuju terminal Prembun, lalu dilanjutkan dengan naik bus umum menuju Wonosobo, sepanjang perjalanan yang kamj lalui terhampar sawah dan pegunungan yang sejuk dipandang.

Foto bersama sebelum melanjutkan perjalanan

Pkl.11.00 wib kami sampai di daerah Wonosobo, oh iya kalau naik bus umum dari Prembun jangan turun di terminal ya, tapi turunnya di pertigaan yang mau ke arah Dieng sebelum terminal, bilang saja sama kondekturnya mereka sudah hafal.
Lalu kami melanjutkan naik bus kecil ke arah Dieng, jalan yang kami lalui menanjak, dan terus menanjak dengan sisi kiri tebing dan sisi kanan jurang, ada beberapa longsoran kecil di sisi kiri jalan, tapi jangan khawatir jalan rayanya aman kok karena ada pembatasnya dan juga aspalnya mulus.

Selamat datang Dieng

Sore harinya sekitar pkl.14.30 wib kami tiba di Dieng, dengan modal bertanya kepada supir bus nya maka kami dikenalkan penginapan didalam komplek Candi Arjuna, lumayan kan kita dengan bebas melihat - lihat keindahan candi tanpa harus membayar pintu masuknya, hehehe ...

Komplek Candi Arjuna

Sore harinya sampai malam hari kami puas berfoto ria di komplek Candi Arjuna. Objek wisata ini buka hingga larut malam.

Narsis ala Pendaki Selow

Jumat, 26 Desember 2014
Pagi - pagi sekali kami sudah bangun, sekitar pkl.03.00 wib untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Bukit Sikunir, yaa siapa yang tidak tahu dengan Bukit Sikunir yang terkenal dengan Golden Sunrisenya. Dengan menyewa 2 buah mobil kami berangkat pagi itu juga. Jalan dari parkir mobil menuju Bukit Sikunir lumayan agak jauh dan menanjak dan juga gelap, jadi disarankan untuk membawa senter ya dan jangan lupa pakai mantel atau jaket karena cuaca di Dieng sangat dingin, kalau musim kemarau cuacanya bisa mencapai -15 derajat.
Sayang ketika kami tiba diatas tertutup kabut karena musim hujan, tapi tidak apalah setidaknya sudah pernah merasakan ke Bukit Sikunir.

Menanti sunrise di Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Berpose di pintu masuk

Para Bidadari Pendaki Selow

Sekitar pkl.08.00 wib kami bergegas turun untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kawah Sikidang dan Telaga Warna.

Pintu masuk Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Telaga Warna

Indahnya Telaga Warna

Sungguh benar - benar indah ciptaan Tuhan pada negeri ini, kawah yang bersih dan rapi, telaga yang sunyi dan bening, membuat kita betah berlama - lama.
Sekitar pkl.11.00 wib kami bergegas ke penginapan, beristirahat dan juga beres - beres untuk melanjutkan perjalanan menuju destinasi berikutnya.
Setelah puas berfoto - foto di Dieng, kami menyewa bus untuk melanjutkan perjalanan ke Jogjakarta.
Pkl.15.00 wib kami berangkat dari Dieng dan sampai di Jogjakarta sekitar pkl.21.00 wib, kami tidak mendapatkan penginapan karena hari libur panjang, alhasil kami semua menginap di mesjid di Jalan Malioboro.

Sabtu, 27 Desember 2014
Pagi harinya kami melanjutkan misi kami untuk keliling Jogjakarta, karena waktu yang terbatas jadi kami hanya berkeliling dan membeli oleh - oleh di seputaran Malioboro saja.

Malioboro pagi hari

Menelusuri kawasan Malioboro

Hari menjelang sore dan tak terasa kami harus meninggalkan Jogjakarta, kota yang tertib dan penduduknya yang ramah.
Pkl.16.00 wib kami bergegas menuju Purwokerto dengan menaiki kendaraan umum.
Lumayan jauh juga dan macet, sampai di Terminal Purwokerto sekitar pkl.23.30 wib, dari terminal kami pun harus melanjutkan perjalanan menuju stasiun dan ternyata jaraknya lumayan jauh.

Minggu, 28 Desember 2014
Pkl.01.30 wib kami tiba di Stasiun Purwokerto dan memutuskan untuk menginap disana, karena di Purwokerto kami tidak ada yang punya kenalan sama sekali.

Menanti fajar di Purwokerto

Pkl.06.30 wib, kami berangkat menuju Jakarta menggunakan kereta api Serayu melalui jalur selatan, sungguh perjalanan yang sangat amat lama karena harus memutar melalui Bandung.
Pkl.17.30 wib kami tiba di Stasiun Jakarta Kota.
Ahh rasanya lelah ini akan terbayarkan oleh pengalaman dan juga keseruan kami bersama.
Selamat tinggal Kutoarjo, selamat tinggal Dieng, selamat Tinggal Jogjakarta, selamat tinggal Purwokerto, mungkin suatu saat nanti kami akan kembali lagi kesana ...