Sabtu, 22 April 2017

KEINDAHAN CIKURAY, TREK YANG TIDAK BERBONUS

Pos Masuk Pendaftaran

Hai sobat pendaki, balik lagi nih bareng Pendaki Selow ...
Kali ini kami mau menceritakan tentang pengalaman mendaki Gunung Cikuray, Jawa Barat.

Jumat, 30 Desember 2016
Awal keberangkatan kami dari terminal Kampung Rambutan sekitar pkl.21.30 wib, karena saat itu pas momen liburan panjang tahun baru jadi kita harus memutar arah lewat Jonggol, Cileungsi dikarenakan kepadatan di tol Cipularang.
Pagi hari sekitar pkl.04.30 wib kami sudah tiba di Terminal Guntur, Garut. Setelah bersih-bersih dan mencari sarapan perjalanan kami lanjutkan menggunakan mobil losbak menuju Pos Pemancar Gunung Cikuray. Pkl.07.00 wib kami sudah tiba di Pos Pemancar. Setelah melakukan simaksi dan laporan lain-lain kami mulai melanjutkan perjalanan melalui Pos Pemancar.

Sabtu, 31 Desember 2016
Dijalur pendakian melalui Pos Pemancar ada banyak pos-pos yang harus kita lalui sebelum sampai di Pos Bayangan.
Jarak antar pos pun saling berdekatan kira-kira bisa kita tempuh jarak antar pos selama kurang lebih 1 - 2 jam, tapi jangan harap seperti dijalur pendakian gunung-gunung lainnya yang tiap pos disediakan shelter untuk beristirahat, dijalur pendakian Gunung Cikuray ini pos nya hanya berupa tanah lapang yang tidak terlalu luas hanya muat untuk sekitar 2 atau 3 tenda saja apabila kita harus memutuskan untuk mendirikan tenda.

Jalur pendakian dari Pos 4 menuju Pos 5

Perjalanan dari Pos 1 hingga Pos 4 terasa biasa saja bagi kami yang baru mendaki awal nih, hehehe ... Baru kemudian perjalanan yang sesungguhnya dari Pos 4 hingga Pos 6 amat sangat melelahkan karena jalan yang sudah mulai menanjak dan tidak ada bonusnya sama sekali, jadi harus banyak-banyakin istirahat saja dan jangan terlalu boros sama air minum yang kita bawa dari bawah karena selama perjalanan di jalur kita tidak akan pernah menjumpai mata air hingga mencapai puncak.
Berhubung hari sudah menjelang sore sekitar pkl.16.00 wib dan juga langit sudah terlihat mendung maka kami memutuskan untuk mendirikan tenda di Pos 6 (Puncak Bayangan) karena kondisi badan yang sudah mulai lelah dan udara juga sudah mulai dingin. Betul saja setelah kami mendirikan tenda tidak lama hujan turun hingga larut malam. Suasana tengah malam selepas hujan sangat ramai sekali karena momennya pas tahun baru, jadi saat itu kami bisa melihat kembang api dari kota Garut dengan jelas karena kami sudah berada lumayan tinggi dikaki Gunung Cikuray.

Minggu, 01 Januari 2017
Pagi harinya sekitar pkl.07.00 wib setelah selesai sarapan kami melanjutakan perjalanan menuju puncak dengan hanya berbekal minum dan cemilan saja, semua perlengkapan kami tinggal di tenda saja.
Pkl.09.00 wib kami sampai di Pos 7, ini merupakan pos terakhir sebelum sampai puncak, hehehe ....
Pkl.10.30 wib kami sudah sampai di Puncak Cikuray, memang indah sekali pemandangan disana apalagi kalau kita naiknya pagi jadi bisa melihat sunset dipuncak bak berada diatas awan.

Top on Cikuray

Setelah puas berfoto ria buat dokumentasi kami kemudian turun ke pos tempat kami mendirikan tenda untuk kemudian membuat makan siang dan beristirahat sejenak sebelum akhirnya kami bergegas turun kebawah agar tidak kemalaman mencapai terminal Guntur.
Sungguh pendakian Cikuray yang menguras tenaga tapi kami merasa puas karena keindahan alamnya yang mempesona ...

Negeri diatas awan

Oh iya ada satu info nih bahwa di Pos 6 sekarang sudah ada penjual air minum satu botol air mineral 1,5 ltr dihargai Rp.3000,- lumayan kan daripada kita harus bawa air berbotol-botol dari bawah, hehehee ... dan juga untuk sampah bisa kita tinggal di Pos 6 karena memang sudah ada yang mengurusinya.

Salam,

Pendaki Selow

Estimasi biaya :

Bus dari Terminal Lb.Bulus - Guntur : Rp.55.000,-
Mobil Losbak dari Terminal Guntur - Pos Pemancar : Rp.25.000,- (per orang)