Sabtu, 17 September 2016

GUNUNG GUNTUR 2249 MDPL, KECIL - KECIL CABE RAWIT

Gunung Guntur

Haii para pendaki traveller, jumpa lagi bareng pendaki keong nih .
Langsung aja deh kita mau cerita bagaimana keseruan dalam pendakian kali ini ...

Sabtu, 10 Oktober 2016
Pagi itu tepat pkl.03.15 wib kami sudah sampai di basecamp pendakian, karena jalan yang lancar dan tanpa macet, alhasil kami harus menunggu pagi basecamp buka dengan beristirahat di sebuah bangunan paud milik warga setempat .
Setelah basecamp buka selanjutnya kami melapor untuk dibuatkan simaksi, setelah beres semua mulailah kita para pendaki keong melanjutkan perjalanan menuju track pendakian .

Jalur Pendakian Pos 1 menuju Pos 2

Tak terasa hari semakin siang, ternyata apa yang dibayangkan selama ini meleset jauh, benar kata orang2 dan bahkan saya sendiri sempat googling bahwa Gunung Guntur tuh kecil-kecil cabe rawit juga ...
Jalur pendakian dari basecamp menuju pos 1 dan pos 2 terbilang cukup landai dan juga sejuk karena sepanjang perjalanan dipenuhi pohon2 rindang, tetapi setelah pos 2 menuju pos 3 itulah yang dinamakan benar2 mendaki, kenapa dibilang begitu ? Karena dari pos 2 menuju pos 3 jalur pendakian terdiri dari batuan yang boleh dibilang disusun bertingkat dan kita harus "merayap" untuk melewatinya, bayangkan saja ?? Ditambah sepanjang jalur pendakian dari pos 2 menuju pos 3 tidak adanya lagi pepohonan yang rindang yang menutupi jalur pendakian .

Jalur Pendakian Pos 2 menuju Pos 3

Sesampainya di pos 3 kita harus laporan lagi hampir sama kaya kita laporan simaksi di basecamp, dan petugas pos pun memberitahukan bahwa dilarang untuk mendirikan tenda di puncak .
Perlu diketahui sumber air terakhir hanya ada di pos 3, selebihnya kalau kita mau "memaksakan" ngecamp di puncak ya harus siap2 bawa air dari bawah .

Curug Citiis

Kita lalu mencari lokasi camp dekat dengan sumber air sambil beristirahat menikmati pemandangan alam sambil menunggu persiapan summit esok pagi ...
Minggu, 11 September 2016
Pagi2 benar sekitar pkl.02.00 wib kami bangun dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan track summit menuju puncak Guntur . Ohh iya perlu diketahui bahwa di lokasi camping pos 3 Gunung Guntur itu rawan maling jadi buat kalian yang mau summit harap membawa barang2 yang kalian anggap penting dan sisanya bisa disimpan di tenda, tapi jangan lupa tendanya di gembok, hehehe ... Atau juga bisa dititipkan di basecamp pos 3 tempat kita melapor tadi .
Di basecamp pos 3 pun juga menjual souvenir dan pernak pernik Gunung Guntur .
Perjalanan summit pagi itu terlihat melelahkan, boleh dibilang jalur tracknya menanjak hampir 45 derajat mirip dengan "tanjakan cinta" nya Semeru, buat kalian yang pernah mendaki Semeru pasti tau dong, hehehe ...

Pemandangan Puncak 1

Pkl.05.00 wib pagi kami tiba di puncak 1, dengan sedikit kelelahan kami beristirahat sambil menunggu sang fajar terbit .

Puncak 1

Sebenarnya Gunung Guntur memiliki 3 puncak, tetapi kali ini kami pasrah hanya sampai di puncak 1 karena kondisi kami semua yang lelah dan perbekalan air yang sudah menipis .

Setelah selesai menikmati pemandangan alam dan berselfie ria, sekitar pkl.07.00 wib kami bergegas turun, kalau masalah turunnya sih cepat karena tracknya yang berpasir jadi hanya tinggal perosotan saja, gk sampai setengah jam kami sudah tiba di basecamp pos 3 .
Setelah beristirahat sejenak, membersihkan diri dari pasir2 yang menempel dan sarapan kami lalu beres2 dan kemudian melanjutkan perjalanan turun menuju pos 1 . Perjalanan turun pun sangat cepat hanya sekitar 2 jam saja kami sampai di pos 1 .
Sesampainya di pos 1 kami laporan, setelah selesai lalu kami membersihkan diri alias mandi karena di pos 1 terdapat beberapa kamar mandi yang memang disediakan oleh pengelola .
Sudah selesai semua, sekitar pkl.15.00 wib kami melanjutkan perjalanan menuju Jakarta .
Pkl.19.30 wib kami tiba di Jakarta dengan disambut kumandang takbiran dari mesjid . Sungguh betapa indahnya perjalanan kami hari ini .