Sabtu, 22 April 2017

GUNUNG CIREMAI 3078 MDPL, PESONA KEINDAHAN PUNCAK TERTINGGI DI JAWA BARAT

Hai sobat pendaki balik lagi nih bareng kami Pendaki Selow ...
Kali ini kami mau menceritakan pengalaman kami mendaki Gunung Ciremai, Jawa Barat.

Gunung Ciremai dilihat dari Pos Pendaftaran

Jumat, 24 Maret 2017
Untuk mempersingkat waktu sengaja kami menyewa travel untuk menuju daerah Kuningan dikarenakan libur panjang takut macet dijalan dan estimasi waktu kami terlewat apabila kami menaiki angkutan umum.

Sabtu, 25 Maret 2017
Pagi hari sekitar pkl.02.30 wib kami sudah tiba di Pos pendakian Gunung Ciremai didaerah Linggarjati, Kuningan Jawa Barat. Sambil menunggu pos pendaftaran dibuka kami mencari sarapan dan bersih-bersih terlebih dahulu. Pos pendaftaran dibuka pkl.05.00 wib, kami bergegas laporan simaksi supaya cepat dan juga dapat melanjutkan perjalanan dipagi hari karena suasananya yang segar dan masih bersemangat.

Pos Pendaftaran Linggarjati (650 mdpl)
Setelah selesai melakukan pendaftaran dan simaksi maka kami langsung bergegas menuju Pos 1, jaraknya lumayan jauh tapi treknya bisa dilalui kendaraan bermotor karena sudah beraspal, kalau mau naik ojek sudah tersedia dengan tarif Rp.25.000,-

Pos 1 Cibunar (750 mdpl)
Pkl.07.00 wib kami tiba di Pos 1, jarak dari Pos Pendaftaran Linggarjati ke Pos 1 lumayan jauh juga dengan trek yang beraspal, mobil travel kami tidak kuat nanjak sehingga kami harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Di Pos 1 ini seperti biasa kami mengisi perbekalan air semaksimal mungkin karena bagi para sobat semua yang ingin menggunakan jalur pendakian ini selama perjalanan sampai puncak tidak ada mata air sama sekali jadi harus ekstra irit dengan air ya, hehehe ...

Pos 2 Leuwing Datar (1225 mdpl)
Pkl.08.30 wib kami sudah tiba di Pos 2, lalu kami melanjutkan perjalanan karena pos ini merupakan hanya tanah lapang biasa.

Pos 3 Kondang Amis (1225 mdpl)
Pkl.09.00 wib kami sudah tiba di Pos 3, disini kami beristirahat sejenak karena ada beberapa tempat duduk yang terbuat dari kayu dan juga shelternya jadi lumayan deh buat beristirahat.

Kondang Amis

Pos 4 Pangalap (1325 mdpl)
Pkl.09.30 wib kami tiba di Pos 4, setelah beristirahat sejenak kami lalu melanjutkan perjalanan menuju Pos 5.

Pangalap

Pos 5 Kuburan Kuda (1450 mdpl)
Pkl.10.39 wib kami tiba di Pos 5, disini pos nya hanya berupa tanah lapang tapi lumayan luas bisa untuk mendirikan beberapa tenda apabila ingin berkemah disini.

Santai sejenak di Pos 5

Pos 6 Pamerangan (1650 mdpl)
Pkl.12.36 wib kami tiba di Pos 6, disini juga merupakan tanah lapang dan ada potongan kayu besar yang bisa digunakan untuk beristirahat dan bersantai sejenak, hehehe ...
Karena sudah waktunya makan siang maka kami putuskan untuk memasak makanan terlebih dahulu sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan, karena dari sinilah perjalanan pendakian Gunung Ciremai yang sesungguhnya dimulai.

Pos 7 Tanjakan Bingbin
Pkl.12.55 kami sampai di Pos 7, jalur trek sudah mulai menanjak dan tidak ada bonus sama sekali, sepanjang jalur menanjak banyak sekali ditumbuhi akar pepohonan yang membuat jalur menjadi licin, jadi mesti hati-hati yaa ...

Pos 8 Tanjakan Seruni (1650 mdpl)
Pkl.13.20 kami tiba di Pos 8, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak karena perjalanan selanjutnya hanya berupa tanjakan dan tidak berbonus. Jarak antara Pos 8 dengan Pos 9 lumayan jauh dengan jalur yang menanjak.

Pos 9 Bapak Tere (2025 mdpl)
Pkl.15.45 wib kami akhirnya tiba di Pos 9, dihadapan kami sudah terpampang jelas jalur pendakian yang hanya menanjak dengan bergelantungan menggunakan tali dan berpegangan pada akar pohon, butuh tenaga ekstra nih ...

Bapa Tere

Pos 10 Batu Lingga (2200 mdpl)
Pkl.16.30 wib kami tiba di Pos 10 dengan tenaga yang sudah mulai terkuras, berhubung hari sudah mulai sore dan juga sudah mulai turun hujan maka kami memutuskan untuk mendirikan tenda disini, tempatnya lumayan juga untuk mendirikan beberapa tenda. Akhirnya setelah selesai mendirikan tenda dan makan malam kami lanjut beristirahat untuk memulihkan tenaga untuk
perjalanan selanjutnya.

Minggu, 26 Maret 2017
Pagi harinya pkl.06.30 wib kami melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan membawa bekal makanan dan air secukupnya, sisanya kami tinggal ditenda.

Pos 11 Sangga Buana I
Pkl.08.00 wib kami tiba di Pos 11 tanpa istirahat kami lalu melanjutkan perjalanan kembali.

Pos 12 Sangga Buana II (2500 mdpl)
Pkl.08.30 wib kami tiba di Pos 12 karena jaraknya yang berdekatan dari Pos 11, kami beristirahat sejenak karena tempatnya yang lumayan enak dan adem karena ditumbuhi pohon yang rindang.

Pos 13 Pangasinan (2800 mdpl)
Pkl.10.00 Kami tiba di Pos 13, sekali lagi kami istirahat karena jalur yang kami lewati sudah mulai menanjak dan ini merupakan pos terakhir untuk sampai menuju puncak. Jalur dari pos ini
menuju puncak sangatlah ekstrim dengan jalur menanjak dan berbatuan karena merupakan jalur aliran air dan kawah dari puncak gunung.

Jalur dari Pos 13 menuju Puncak

Pkl.11.30 wib kami tiba dipuncak Gunung Ciremai, sungguh sangat melelahkan sekali dan butuh perjuangan karena jalurnya yang ekstrim. Setelah berfoto ria seperti biasa kami memutuskan untuk bergegas turun ke tenda dan juga packing barang kembali dan bergegas untuk turun kebawah agar tidak kemalaman sampai di basecamp.

Hamparan Edelweiss di Puncak Ciremai

Top on Ciremai 3078 mdpl

Kawah Puncak Ciremai

Bagi para pemula yang ingin melewat jalur pendakian ini diharapkan untuk latihan seminggu sebelumnya dengan berolahraga karena dijalur ini butuh perjuangan yang sangat ekstra, hehehe ...
Dan juga harus irit dengan air ya karena selama di jalur pendakian tidak ditemukan mata air sedikit pun hingga sampai di puncak.

Salam,

Pendaki Selow

Estimasi Biaya :
Bus dari Terminal Lebak Bulus - Linggarjati : Rp.75.000,-
Angkot dari Linggarjati - Pos Pendakian : Rp.5.000,-
Simaksi : Rp.50.000,- (sudah termasuk asuransi, sertifikat dan kupon makan Rp.8.000,-)